Memulung Sampah Karena Allah

Ayo, koran bekasnya dikumpulkan dan dimasukkan ke kantong plastik ini !!!
Walaupun koran bekasnya udah tercerai berai dan hampir menjadi bubur disebabkan basah karena terkena air hujan, tetapi sebagian besar orang yang habis shalat Jumat memungut dan memasukkan potongan-potongan koran ke dalam kantong plastik sampah. Dan lelaki yang juga jemaah shalat Jumat tetap membuka kantong plastik hitamnya untuk tempat berkumpulnya sampah.
Subhanallah !!! Sangat mulia pekerjaanmu, Pak!



Pada waktu saya membuat liputan tentang festival musik Les Vieilles Charrues, di Carhaix, Perancis.
https://www.facebook.com/notes/luth-aja/festival-les-vieilles-charrues-carhaix-menikmati-festival-musik-di-musim-panas/10151249894965840
Festival Les Vieilles Charrues sering disamakan dengan festival musik WoodStock di Amerika Serikat. Ada HAL MENARIK !!!! Ketika konser musik dilaksanakan, ada beberapa relawan yang berjalan-jalan di sela-sela penonton konser yang mengumpulkan sampah-sampah di lapangan konser ketika musik berlangsung. Sehingga ketika konser musik berakhir, area relatif bersih.
Ketika teman saya memasang fotonya di sebuah lokasi konser sebuh grup band dunia yang berlokasi di stadion di Indonesia di laman FBnya, beberapa teman langsung ngasih komentar, kok areal konsernya jadi lautan sampah gitu ya ???
Bukan menyamaratakan antara tempat konser musik dengan  tempat orang melakukan aksi damai di Jumat 212, tapi ada sebuah kesamaan keadaan  yaitu di dalam satu rentang waktu, terdapat banyak orang yang berkumpul atau konsentrasi massa …. Dan BIASANYA !!!!!! Eng Ing Eng … setelah selesai acara atau orang-orang meninggalkan tempat itu, area tersebut akan menjadi lautan sampah (untuk orang Indonesia). Tetapi untuk orang luar Indonesia terutama orang yang berasal dari negara-negara yang orang-orangnya sudah sadar atas pengelolaan sampah, biasanya mereka mengumpulkan sampah dalam plastik besar lalu menaruhnya di suatu tempat yang dikonsentrasikan untuk pengumpulan sampah. Sehingga nantinya petuga kebersihan tinggal mengangkut sampah tersebut bukan sampah berserakan di semua tempat. 
Sehingga terpikir, kapan orang Indonesia bisa seperti itu ya ! Dan ada terpikir juga ingin nulis untuk sekedar informasi bagaimana cara orang-orang dari  negara-negara yang  sudah sadar atas pengelolaan sampah melakukan pengorganisasian pengelolaan sampah di tempat berkumpulnya orang-orang atau konsentrasi massa … cuma sayanya lagi males bo !!! Walau sebenarnya ketika saya tanya mereka melakukan hal itu. Jawabannya sederhana aja “Ketika kami datang ke tempat ini, tempat ini mulanya bersih. Nah ketika kami pulang, walaupun kami membuat sampah karena aktifittas kamu dan tidak membawa pulang sampah-sampah itu, minimal kami mengumpulkan sampah itu di suatu tempat yang telah disediakan biar memudahkan petugas sampah memindahkan  sampah tersebut ke tempat pembuangan sampah.
Mungkin salah satu hikmah positif dari #AksiDamai411 dan #AksiDamai212 adalah mempercepat transformasi mental orang Indonesia untuk sadar akan menjaga kebersihan dan merawat lingkungan. Karena selain terorganisasinya pengelolaan kebersihannya, lha pas mau nginjak rumput langsung orangitu langsung diteriaki orang banyak “Wooyyy, jangan kau injak itu rumput!  Ntar si A**K dan kawan-kawannya marah. Dan kau dituduh ngerusak rumput dan taman”. Tanpa tendensi politik, kadang-kadang perlu juga ada peringatan-peringatan keras dengan membawa-bawa nama orang lain :D


Saya tidak mengenal anda pak ! Dan saya yakin, anda tidak mengenal saya. Tapi anda adalah saudara muslim saya dan juga saudara sebangsa Indonesia saya.  Dan  kerja yang anda lakukan sangat mulia yaitu menjaga bumi Allah di Indonesia ini tetap bersih. 
Secara singkat !!! Ups… Ternyata orang Muslim bisa menjaga kebersihan ya! Ternyata orang Indonesia bisa ya menjaga kebersihan !!! Maaf telah mengkerdilkan bangsa sendiri.
Semoga kebiasaan ini terus berlangsung seperti setelah sholat Idul Fitri dan Idul Adha yang sering identik dengan berserakannya koran-koran bekas di tempat sholat atau pas acara keramaian-keramaian lainnya di Indonesia.
Ini baru satu titik alias di dekat saya sholat Jumat. Dan saya yakin masih banyak orang-orang atau relawan-relawan yang berbuat seperti ini di #AksiDamaiJumat212. 
Dan semoga Allah membalas pekerjaan mulia anda, Pak dan orang-orang lain yang berkerja seperti anda ini.    


#AksiDamaiJumat212
#MemulungSampahKarenaAllah
#MembawaKeberkahan
#SisiLainAksiDamaiJumat212

#TernyataOrangIndonesiaJugaBisa

Comments

Popular posts from this blog

Adu Cepat di Dataran Tinggi Gayo

Tugu Radio Rimba Raya, Jalan Desa dan Film

Tuma’ninnah dari sujud ke berdiri