Langit dan sepak bola





 
Jadi hubungannya langit dan sepak bola apa ya ????

Begini ceritanya !!!

Sebelum itu saya pakai pepatah dulu deh !
Di atas langit masih ada langit
Di atas kehendak kita manusia masih ada kehendak Allah SWT

Apalagi ini ??? kok belum apa-apa sudah main pepatah aja.

Trus ceritanya kapan ???

Nah, baru saja saya baca di postingan teman tentang klub sepakbola kota tempat saya pernah belajar di Perancis,  yang namanya Rennes yang nama klub sepakbolanya Stade Rennais (SRFC), memenangkn piala Perancis 2019 (La Coupe de France de football  2019) https://rmcsport.bfmtv.com/football/psg-rennes-en-direct-neymar-et-mbappe-titulaires-silva-forfait-3157.html?fbclid=IwAR3oiZd9fUo3j5-y245d-BQjHyxMhMwUoAsXDUGaIvcQAqp-gCjsPcY_RlM

Di final 2019 ini , mengalahkan PSG (Paris Saint Germain) dengan pinalti 6-5 setemah sebelumnya imbang 2-2.

Untuk sebuh klub papan tengah seperti Stade Rennais, piala kejuaraan ini tentu sangat berarti. Jangan bandingkanlah dengan klub-klub besar seperti Barcelona FC, Manchester United atau Bayern Munchen maupuan PSG sendiri yang sudah memenangkan banyak piala di berbagai event besar. Jadi juara Piala Perancis tentu sudah merupakan sesuatu anugerah yang besar untuk sebuah kota dengan penduduk sekiatar 450 ribu jiwa ini.

Tahun 2019,  klub Stade Rennais bisa mengalahkan PSG yang di dalamnya banyak mengkoleksi pemain mahal dunia salah satunya adalah Neymar. Walaupun ngalahkanna dengan pinalni, ngak masalah ! Yang penting kan menang.

Tahun 2009, pada waktu saya menyelesaikan Doktoral saya di kota Rennes,  klub Stade Rennais masuk ke final piala Perancis juga. Dan lawan pada waktu itu adalah EA Guingamp. Sedikit catatan, Rennes dan Guingamp ada di satu region (setingkat propinsi di Indonesia). Rennes adalah ibukota Region, sedangkan Guingamp kota kecil dengen penduduk sekiatr 26 ribu orang.

Pas tahun 2009 itu, ketika kota Rennes sudah masuk final piala Perancis, wah ini  perlu juga diabadikan. Dan di tempa-tempat keramaian kota Rennes, sudah banyak di pasang layar lebar untuk nonton bareng alias nobar final sepakbola itu. Salah satu ruang terbuka tempa menonton breng adalah Esplanade Charles de Gaulle (lapangan Charles de Gaulle) yang ada di pusat kota Rennes. Dan di tahun 2009 tersebut, Stade Rennes da di liga 1 dari liga Perancis sedangkan EA Guingamp ada di liga 2. Jadi secara kualitas, Stade Rennais lebih bagus dari EA Guingamp.

Dan di pikiran saya, kalau Rennes menang dalam piala liga Perancis, beritanya bisa dijual ke media-media di Indonesia. Mengabadikan momen bersejarah sekaligus mendapat keuntungan finansial dari sebuah even.

Sehingga dari pagi harinya, saya sudah mempersiapkan baik kamera DSLR maupun handycam. Dengan penuh keyakinan , In Syaa Allah,  Stade Rennais menang. Kan dari perhitungan kasar, lawannya lebih lemah. Dan pagi harinya, juga bertemu dengan supporter Stade Rennais yang katanya mau menonton juga Esplanade Charles de Gaulle. Kawan-kawan dia katanya sudah berangkat ke Paris untuk menonton langsung di stadion tempat final berlangsung yaitu di Stade de France.  

Apa yang terjadi di tahun 2009, ternyata klub sepakbola kota tempat saya belajar Rennes, kalah dari kota tetangganya yang lebih kecil Guingamp. Padahal saya sudah banyak ambil foto dan film. Sehingga, foto dan film tersebut ngak bisa lah dijual ke media manapun. Masak saya mau menjual pengalaman klub yang kalah. Di sinilah, manusia punya kemauan tapi tetaplah Allah juga yang menentukan hasil akhirnya alis sesuai pepatah
Di atas kehendak kita manusia,  masih ada kehendak Allah SWT

Di tahun 2019 ini kebalikannya. Stade Rennais malah bisa mengalahkan tim yang bertabur bintang alias tim besar yaitu PSG. Dan saya juga lagi tidak berada di Perancis maupun Rennes  tempat orang-orang merayakan kemenangan Stade Rennais. Secara teori tentu PSG lebih kuat dari Stade Rennais TAPI….. kalau Allah mau memenangkan Stade Rennais, siapa yang bisa menolak.
Di atas langit masih ada langit
DI atas kekuatan manusia, masih ada kekuatan Allah
Jadi kita ngak boleh sombong ketika berada di pihak yang kuat, tapi juga ngak boleh berkecil hati ketika berada di pihak yang lemah.  Beusahalah semaksimal dan sebaik mungkin serta diiringi dengan doa, serahkan hasilnya kepada Allah SWT.
Oleh Luth (pernah jadi warga kota Rennes, France)

Foto : Internet

#SepakBola
#FranceFootball
#CoupeDeFrance
#PialaPerancis








Comments

Popular posts from this blog

Adu Cepat di Dataran Tinggi Gayo

Tugu Radio Rimba Raya, Jalan Desa dan Film

Tuma’ninnah dari sujud ke berdiri