Belajar saja dulu, suatu saat di depan mungkin ketemu jawaban pertanyaannya

Sedang nyelesaikan tulisan jalan-jalan wisata di kota Zaragoza (Spanyol)... walau ngak tahu kapan waktu selesainya, yang penting dicicil saja.
Ketemu istilah “Komunitas Otonom Aragon”. Komunitas Otonomi itu semacam sistim pembagian wilayah di negara Spanyol. Untuk Komunitas Otonomi Aragon sendiri membawahi 3 propinsi, Huesca, Zaragosa dan Teruel dengan ibukotanya di Zaragoza. Lengkapnya tentang Komunitas Otonom di Spanyol bisa baca di tautan ini

Baca-baca sedikit tentang runtuhnya kerajaan Granada
Bahan tulisan kota ini udah ada. Ada dua malah … Tapi entah kapan nyelesaikan nulisnya... Alasan lagi kan!!!
Di dalam tulisan tersebut ketemu kalimat
Suratan takdir tentang keruntuhan Granada pun dimulai, ketika Raja Ferdinand dari Aragon menikah dengan Putri Isabella dari Castile.”
Kalau dulu-dulu waktu belajar sejarah Islam di Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA/SMU), nama Raja Ferdinand dan Putri Isabella pasti selalu dikaitkan dengan sejarah Islam di Spanyol. Tapi sekarang nih baru tahu kalau ternyata Raja Ferdinand itu berasal dari wilayah yang sedang saya tulis objek wisatanya.

Hikmahnya, ketika mempelajari atau diajari sebuah ilmu, dipelajari saja dulu walau kadang terasa masih banyak kekurangan dan masih banyak pertanyaan yang mengganjal. Karena bisa aja jawabannya atau keterangan lebih lengkapnya didapat di masa-masa sesudahnya, seperti tentang raja Ferdinand dan daerah Andalusia yang sudah saya tahu sejak dari SD, baru ketemu keterangan lengkapnya setelah saya kuliah di tingkatan Doktor atau PhD. Dan baru saya kunjungi daerahnya pas kuliah PhD. Berapa lama ya waktu selanya.

Dan pada akhirnya dari kisah Raja Ferdinand, Ratu Isabella dan kerajaan Granada, sesuai dengan firman Allah “Dan masa (kejayaan/kekuasaan dan kehancuran) itu Kami pergilirkan di antara manusia (sebagai iktibar/pengajaran)” (Ali Imran (3) : 140-141).

Namanya keadaan Dunia, ngak ada yang abadi, ada waktunya berada di masa KEJAYAAN / DI ATAS dan ada waktunya berada di masa KEHANCURAN / DI BAWAH. 

Comments

Popular posts from this blog

Adu Cepat di Dataran Tinggi Gayo

Tugu Radio Rimba Raya, Jalan Desa dan Film

Tuma’ninnah dari sujud ke berdiri