Saint Brieuc dengan berbagai keramahan

Di sebelah barat Perancis, ada bahasa regional yang disebut bahasa Breton. Di kota Rennes, tempat saya kuliah, di papan penunjuk jalan/arah biasanya ditulis dalam 2 bahasa yaitu Perancis dan Breton.  

Walau sebenarnya kalau saya baca dari beberapa literatur, bahasa regional yang dipakai di teritorial Rennes sendiri dan sekelilingnya sering Adalah bahasa GALLO ---- > makanya MUNGKIN saya pas ngerjakan disertasi di Rennes sering GALAU wa kak kak ^_^

Laboratorium utama untuk studi PhD saya berada di Rennes. Saya juga punya laboratorium lapangan yang berada di desa yang bernama Saint Goazec (lebih barat lagi dari Rennes). Sering diajak pembimbing ke berbagai tempat di Bretagne, bisa mencari tumbuhan atau berkunjung ke lab2 yang bisa menganalisa sampel2 yang kita punyai. 

Kalau dari lab Rennes saya ke lab Saint Goazec, bisa dilakukan dengan beberapa jalur yaitu melewati jalur Utara, tengah dan Selatan. Kalau berangkat dari lab Rennes ke Saint Goazec, biasanya lewat jalur tengah karena lebih singkat. Atau kalau pulang dari lab Saint Goazec dan ngak ada penjempuan dari Rennes, diikutsertakan sama mobil peneliti yang lewat di lab Saint Goazec lalu didrop di kota Quimper, dan kemudian naik kereta melalui jalur selatan menuju kota Rennes.  

Nah pas pernah beberapa kali lewat jalur Utara, pernah lewat jembatan yang tinggi dan dibawahnya ada sebuah kota. Kok kelihatannya keren ya ! Punya rencana dan cita-cita, suatu waktu ingin juga ke kota di bawah jembatan itu. Dan Alhamdulillah teralisasi, dengan kota bernama Saint Brieuc. Menurut cerita, Si Asterix dan Obelix, dekat-dekat sini rumahnya he...he..

Ada festival musik rock yang terkenal setiap tahunnya di kota Saint Brieuc yang disebut Art Rock. Menurut berita sih kotanya ditutup dari transportasi bermesin dan kemudian ada beberapa panggung yang dibuat di bagian-bagian untuk menikmati musik rock. Mungkin beda konsepnya dengan dengan festival musik Les Vielles Charrues di Carhaix yang konsepnya mirip festival Woodstock
https://www.facebook.com/notes/luth-aja/festival-les-vieilles-charrues-carhaix-menikmati-festival-musik-di-musim-panas/10151249894965840
Kayaknya perlu juga tahu nih, festival Art-Rock kayak apa ????

Dan kebiasaan, kalau mau berkunjung ke suatu kota dan biar efektif, biasanya tanya ke mailing list atau grup diskusi para traveller. Pertanyaaannya umum aja, kalau sehari benkunjung, enaknya kemana aja ??? Dan biasanya banyak yang menjawab. Ada juga yang kadang menawarkan bantuan. Bahkan ada yang menawarkan untuk ketemu. 

Nah, pas waktu berkunjung ke Saint Brieuc, sebelum berangkat ada wanita separuh baru yang bernama Madame Anne selain nginformasikan beberapa objek tertentu dan dia bilang di hari saya berkunjung, dia juga ada di pusat kota Saint Brieuc. Jadi kalau mau ketemu boleh saja. Saya sangka sih cuma basa-basi dan sekadar bercanda saja. 
Tetapi pas saya lagi di Saint Brieuc dan sedang melihat kompetisi tari tradisional Breton di gedung operanya kota Saint Brieuc sebagai bagian dari pencarian bahan untuk artikel... kok udah mirip wartawan beneran yach !!!  lha sih ibu menelpon dan ngirim SMS dan mengatakan dia sdah ada pusat kota dan kalau mau bertemu bisa saja. 
Dan akhirnya ketemu jugalah kita di daerah pusat kota Saint Brieuc. Lha tiba2 dia nawarkan untuk nganter ke tempat2 yang rada jauh dengan mobilnya … Alhamdulillah ! 
Dan beneran, sama si ibu benar2 diantar ke tempat wisata Saint Brieuc yang rada jauh. Walau mungkin pikiran saya pada saat itu bisa dijangkau dengan transportasi umum. 
Dan karena dianter sama ibu ini, jadinya tempat-tempat yang jauh bisa kejangkau. Malah pas di pelabuhan Saint Brieuc, dikasih kue yang sering disebut Far Breton !.... Alhamdulillah .... Nikmat Allah mana lagi yang kamu dustakan ????

Beruntungnya juga, pada saat kunjungan ada semacam pertandingan tari Breton. Tanya2 ke orang2, eh ... yang ditanyain malah panitianya. Malah diajak masuk ke gedung pertandingan. Jadi ikutan nonton sebentar 
Jadi bisa masuk ke gedung teater Saint Brieuc nih he..he... 

Kota Saint Brieuc sendiri oke-oke punya. Banyak bangunan masa lalunya baik dari batu-batu maupun kayu.  


Avec Madame Anne (Bersama madame Anne), Lieu : Port du Légué


Viaduc du Gouët, Port du Légué

Foto dulu bersama kapal-kapal orang lain. Manatahu besok-besok jadi juragan kapal beneran he..he...

Foto dulu bersama kapal-kapal orang lain. Manatahu besok-besok jadi juragan kapal beneran he..he...

Viaduc du Gouët, Port du Légué

Viaduc du Gouët, Port du Légué

Port du Légué (Pelabuhan Légué)

Parc & Villa Rohannec'h (Taman dan villa Rohannec'h)

Maison Colombes alias rumah kayu tradisional

Maison Colombes alias rumah kayu tradisional

Les danseurs de Breton- Kompetisi menari Breton … Jadi teringat pernah berjaya menjadi penari Saman :3

Foto dulu bersama kapal-kapal orang lain. Manatahu besok-besok jadi juragan kapal beneran he..he...

Foto dulu bersama kapal-kapal orang lain. Manatahu besok-besok jadi juragan kapal beneran he..he...

Le Pavillon de Bellescize








Comments

Popular posts from this blog

Adu Cepat di Dataran Tinggi Gayo

Tuma’ninnah dari sujud ke berdiri

Tugu Radio Rimba Raya, Jalan Desa dan Film