Laptop 2 in 1, Ngoding ok ! Hiburan juga boleh

Awal mula
Saya lulusan bidang ekologi atau lingkungan. Tapi punya hobi membuat program komputer atau kalau kata orang saat ini istilahnya adalah NGODING. Jika diurut-urut dari masa lalu, perjalanan pemrograman saya ceritanya seperti ini.
            Ketika pertama kali mengenal komputer dan belajar bahasa pemrograman pada sekitar akhir tahun 1990, saya langsung jatuh hati pada pengerjaan pembuatan program di alat ini.  Waktu itu saya masih bersekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA/SMU). Untuk mata pelajaran Keterampilan, siswa harus memilih satu. Dan saya memilih komputer. Bahasa pemrogramman yang saya pakai adalah COBOL.
Setelah lulus SMA, saya masuk ke bagian Pertanian  dengan spesialisasinya ke arah ilmu tanah dan lingkungan. Dalam kegiatan non kuliah pernah mengikuti kursus bahasa Pascal. Di kuliah pernah diajarkan membuat pemrogramman dalam bahasa Fortran. Kemampuan membuat program saya terpakai untuk membantu saya dalam pengolahan data dan membuat program-program penunjang untuk penjelasan proses-proses yang ada di dalam tanah.

Berkenalan dengan Laptop 2 in 1
            Setelah lulus S1 di Indonesia, saya mendapat beasiswa ke Perancis untuk melanjutkan studi S2 atau Master saya di awal tahun 2000an. Bidangnya masih sama yaitu Ilmu Tanah. Sama seperti ketika S1, kemampuan di bidang komputer saya membuat riset dan studi saya mejadi lebih mudah. Saya juga membuat program dalam Visual Basic walaupun bukan program ofisial bagi studi saya. Tapi program koputer tersebut untuk mempermudah saya belajar tentang fenomena proses di penelitian Master saya.
Saya mendapat kesempatan lagi untuk melanjutkan ke S3 (Doktor) setelah lulus dari S2 (Master). Pada masa kuliah S3 ini saya juga membuat program komputer dengan bahasa MATLAB. Dan Alhamdulillah menjadi program resmi di  dalam disertasi saya.
Pada waktu saya studi di tingkatan S3 di Perancis ada mahasiswa Doktoral Indonesia lain yang sedang melakasanakan risetnya di bidang elektronika. Dari dialah saya sering mendapat informasi tentang kemajuan dunia hardware atau perangkat keras komputer. Dan kebetulan orangnya aktraktif dimana dia tahu situs-situs orang bisa jual-beli barang elektronik dengan mutu bagus tapi berharga murah.

Sekitar tahun 2010, teman saya yang kuliah di bidang elektornik tersebut membawa laptop dari sebuah merk yang berasal dari Asia yang dia bilang layarnya bisa memberi input ketika kita menyentuhnya atau sering kita bilang Screen Touch. Kalau dalam bahasa Perancis layar sentuh ini disebut Écran Tactile. Dan dia bilang kalau dia beli laptop itu dengan harga murah karena dibeli di situs jual-beli dengan mutu bagus tapi berharga murah. Salah satu keunggulan dari laptop tersebut adalah ketika layarnya dibuka, layarnya bisa diputar 1800 dan kemudian dilipat menghadap ke atas. Dia bilang kalau layar yang dilipat ke atas memudahkan dia untuk bekerja di lapangan dalam hal pencatatan data.
Dari kejadian itu saya tahu kalau ada semacam revolusi bidang perangkat keras komputer dimana layar sentuh sudah mulai menjadi trend seagai layar untuk komputer maupun laptop. Pada aat itu untuk telepon genggam, belum trend para pembuat untuk membuat telefon genggam dengan layar sentuh atau masih berkutat dengan tombol.
            Secara sambilan saya mencari info tentang laptop yang menggunakan layar sentuh dari situs jual-beli barang second dengan mutu bagus tapi berharga murah. Dan saya mendapatkan laptop tersebut dari sebuah merk yang dibuat oleh pabrikan dari Amerika Serikat.

            Mulai saat itu saya, sudah mencoba-coba untuk membuat program komputer untuk layar sentuh. Dan laptop layar sentuh yang layarnya bisa diputar 1800 dan kemudian dilipat menghadap ke atas atau 360 ° tersebut memang sangat membantu saya dalam riset saya terutama ketika harus melakukan pencatatan data di lapangan.


            Dan mulai dari tahun 2010 tersebut, banyak pabrikan perangkat keras elektronik membuat barang elektronik dengan layar sentuh. Mulai dari layar PC, laptop mupun telepon genggam semuanya memakai layar sentuh untuk produk-produk generasi terbarunya. Mulai tahu tahun tersebut, untuk mendapat perangkat elektronik seperti telepon genggam dengan layar sentuh dan berharga murah sudah tidak terlalu susah. Dan waktu itu telepon genggam yang kemudian berevolusi menjadi telepon pintar yang sebagian besar layarnya adalah layar sentuh sudah sangat mudah ditemukan. Ada telepon pintar yang layarnya lebih besar disebut tablette.
Di pihak lain, ada pabrikan yang menawarkan laptop 2 in 1. Dimana bentuknya berupa komputer jinjing tetapi layarnya bisa dilepas atau bisa dikatakan tablette yang mempunyai keybord. Mungkin pabrikan ini menganggap walaupun orang sudah banyak beralih ke telepon pintar, tapi komputer jinjing masih juga diminati.   Sekitar tahun 2010an, saya melihat teman satu laboratorium saya di Perancis yang membeli  laptop 2 in 1 dimana bentuknya berupa laptop tetapi layarnya bisa dicopot terpisah bila hanya ingin menggunakan seperti tablet. Tapi bila ingin mengetik dengan keyboard, layar tersebut bisa dipasangkan lagi dengan keybordnya.
            Ada sebuah rumor yang memprediksikan kalau era laptop atau komputer jinjing akan berakhir. Tapi ternyata tidak. Walau telepon genggam yang kemudian berevolusi menjadi telepon pintar yang sebagian besar layarnya adalah layar sentuh, tetapi untuk pemrogramman komputer, banyak programmer komputer yang masih memerlukan keybord riil (asli) bukan keyboard artifisial yang hanya ada di layar komputer. Di sinilah sebenarnya keuntungan dari laptop 2 in 1.  

Ide tiba-tiba, seniman dan pemrogramman
Namanya ide sering datangnya tiba-tiba. Sama seperti ide membuat program komputer atau memperbaiki permasalahan di pembuatan program komputer dimana hal tersebut sering datangnya tiba-tiba. Mirip seorang seniman  baik itu lukis, musik, patung dan lain-lain, ketika ide tersebut datang, seniman langsung menyelesaikannya. Soalnya kalau ditunda-tunda untuk merealisasikannya, ketika mau dikerjakan sudah hilang ide tersebut.
Dalam pemrogramman juga demikian. Ide itu datang tiba-tiba. Dan memang sebaknya langsung dikerjakan atau dieksekusi. Kalau dibiarkan, bisa saja ide itu hilang. Mungkin ada yang beranggapan, dibiarkan saja idenya dulu, nanti setelah ada di depan komputer yang mendukung, baru dikejakan ide pemrogramman tersebut. Tapi biasanya lebih banyak terjadi kehilangan ide dibandingkan dengan perealisasian ide tersebut.
Laptop 2 in 1

Laptop 2 in 1 dan pengeksekusian pembuatan ide program
Kita tidak bisa memungkiri kalau telepon pintar dan tablette sudah sangat membumi saat ini. Di pihak lain, para programmer juga ngak bisa berbohong kalau keyboard dan mouse masih sangat diperlukan untuk membuat program komputer. Banyak perintah-perintah dalam pembuatan program komputer yang lebih enak ditulis dengan keyboard riil bukan cuma di layar. Di sinilah peran laptop 2 in 1. Ketika ide pembuatan program itu muncul, secepatnya kita kerjakan dengan keyboard yang ada di layar sentuh. Memang tidak sempurna, tapi kita meminimalisir kehilangan ide kita. Setelah kita mendapat tempat dimana keybord riil bisa kita gunakan, langsung kita gunakan keyboard. Dan ngak bisa kita sangsikan, kalau laptop dengan prosesor intel atau laptop intel 2 in 1 biasanya punya kecepatan yang cepat dalam melakukan eksekusi program.
Selain itu, para programmer juga harus mempresentasikan hasil kerjanya. Dan itu ngak selalu di ruangan. Dengan layar yang bisa dicopot pada laptop 2 in 1, kita bisa mempresentasikan hasil kerja kita secepatnya. Karena layar laptopnya bisa dicopot, untuk komunitas kecil (2 atau 3 orang) semua bisa melihat alias layar bisa didistribusikan ke orang-orang tersebut.
Dan tentunya laptop 2 in 1 dilengkapi dengan kamera dan modem internet. Ini sangat memudahkan kita ketika kita harus mengabadikan sesuatu lalu musti mengirimkannya ke tempat lain, hal ini sangat mempermudah dan mempercepat kerja. Kalau hanya laptop biasa, tentu susah mengambil foto dari objek yang kita maui.
Laptop 2 in 1 tentu sangat mempermudah kerja saya. Ketika saya punya ide membuat program, saya bisa langsung mengeksekusinya walau tidak sempurna. Tapi saya tidak kehilangan banyak ide. Dan ketika saya berada di ruangan yang memang memungkinkan menggunakan keybord, saya bisa menyempurnakan pembuatan program komputer saya.

Hiburan
            Sekali lagi kita tidak memungkiri kalau perangkat kerasa dari komputer ngak hanya dipergunakan untuk hal-hal yang serius atau bekerja, tetapi juga bisa dipergunakan untuk hal-hal yang tidak serius alias hiburan. Mulai dari chatting, game online sampai vlogging. Kalau di awal tahun 2000 an, orang hanya merubah statusnya dalam hitungan jam, saat ini orang dalam hitungan menit pasti memeriksa statusnya di media sosial. Dan ini sangat memungkin dengan mempergunakan laptop 2 in 1.
            Jadi kalau kita lagi bosen, tinggal kita cabut layar laptop 2 in 1 sehingga bisa berfungsi sebagai tablette, kita bisa memoto diri kita dan mempostingnya di media sosial. Dan tentunya kita bisa mengecek status-status teman kita di media sosial.  Bisa juga kita melakukan chatting dengan teman-teman  kita di media sosial.
            Kalau kita bosen dan mau main game, laptop 2 in 1 bisa memenuhinya. Apalagi sekarang banyak game online. Dengan laptop 2 in 1, kita bisa melakukannya.
            Butuh hiburan musik, cabut layar laptop 2 in 1, dan bisa jadikan tablette. Langsung online di internet untuk situs-situs musik. Atau kalau tidak, bisa kita dengarkan musik dari harddisk yang ada di laptop.
            Dan sekarang lagi ngetrend vlogging, dengan layar yang bisa dicopot atau portabel dari laptop 2 in 1, kita dengan mudah melakukan hal itu. Teman-teman kita bakal mudah berinteraksi dengan video-video yang kita ambil melalui layar laptop 2 in 1 yang sudah dicopot ini.

Penutup
            Pada akhirnya laptop 2 in 1 merupakan teknologi yang bisa memenuhi banyak fungsi di dunia super modern ini. Ketika mau bekerja serius untuk buat program komputer yang rada jelimet, laptop 2 in 1 bisa mendukung. Dan ketika kepala pusing dan butuh hiburan, laptop 2 in 1 juga bisa diandalkan.  
            Prinsip 2 in 1 memang cocok dilekatkan pada laptop jenis ini. Pada 2 fungsi yang bertolak-belakang; satu kerja serius dan satu lagi hiburan. Dan keduanya disatukan dalam satu alat ini yang bernama laptop 2 in 1. Sehingga kalau mau serius dan NGODING, ok brur! Lagi pusing butuh HIBURAN, ini laptop juga BOLEH difungsikan. (Luth)
Foto : Internet



#Intel2in1 #BlibliIntel



Comments

deddyhuang.com said…
buat pas traveling juga ok nih
Sipp juga berarti buat traveling ya bang @deddyhuang 👍🏼

Popular posts from this blog

Adu Cepat di Dataran Tinggi Gayo

Tugu Radio Rimba Raya, Jalan Desa dan Film

Tuma’ninnah dari sujud ke berdiri